MENIT ISLAMI NEWS

KUMPULAN BERITA MEDIA ISLAMI

PCNU Jayapura Gelar Saari Ramadhan, Sosialisasikan Islam yang Sejuk

2 min read

Japayura, NU Online
PCNU Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua juga tak mau kalah dengan daerah lain dalam hal syiar Ramadhan. PCNU yang dipimpin oleh Ustadz Zainuri Thoha itu juga menggelar Safari Ramadhan. Selain diisi dengan ceramah agama dan buka puasa bersama, juga kegiatan itu didahului dengan khotmil quran.

“Baca Quran di tengah-tengah lingkungan non muslim itu penting untuk syiar,” tukas Ustadz Zainuri saat Safari Ramadhan di Pesantren Al-Kautsar, Distrik Sentani Kota, Sabtu (25/5) sebagaimana rilis yang diterima NU Online.

Menurut Ustadz Zainuri,  sambutan warga setempat terhadap Safari Ramadhan yang digelarnya cukup baik. Meski non muslim, namun mereka sangat menghargai  orang yang berpuasa. Lebih-lebih terhadap warga NU.

“Terhadap NU, mereka sangat menerima. Kami juga berbaur dengan mereka dalam acara-acara tertentu,” lanjutnya.
Ia menambahkan, Safari Ramadhan bukan sekadar untuk memeriahkan bulan puasa, tapi juga untuk syiar Islam (NU).

Dikatakannya, ajaran Islam yang menjunjung toleransi dan kedamaian perlu terus diperkenalkan di bumi Cenderawasih  itu agar mereka tahu wajah Islam yang sesungguhnya.

“Sebab jangan lupa, gerakan radikal sudah lama masuk ke Papua. Yang kami khwatirkan, apa yang tampak dalam perilaku gerakan radikalisme itu, dianggap sebagai wajah Islam yang betul. Itu ‘kan bahaya. Oleh karena itu, Safai Ramdhan juga berfungsi untuk mensosialisasikan  Islam yang rahmatal lil ‘alamin, kebalikan dari Islam radikal,  melaui ceramah agama dan sebagainya,” urainya.

Yang menaik, dalam berbuka puasa digunakan alas daun pisang yang digelar memanjang. Di atas daun itulah nasi dan lauk pauknya dihidangkan. Sedangkan di sisi kanan kiri daun, para jamaah duduk untuk menyantap makanan buka puasa.

“Ya memang begitu, itu lambang kekompakan dan kesederhanan kita,” jelas Ustadz Zainuri.

Jadual Safari Ramadhan berikutnya akan digelar di Pesantren Nurul Anwar, Kampung Yobeh (tanggal 28/5), Masjid Al-Iman, Ipar Gunung (tanggal 30/5), Masjid Al-Ikhlas, Mambruk (tanggal 1/6), dan terakhir di Pesantren Mafahimus Syari’iyyah, Doyo Baru (tanggal 3/6). Semuanya masih di Distrik Sentani, Kabupaten Japayura. (Red: Aryudi AR).

BERITA INI TELAH TAYANG DI SITUS BERITA NU NEWS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *